Senin, 21 Januari 2013

PDKT ala Kartun Disney

..semoga yang membaca dapat memilih salah satunya untuk dijadikan acuan..
            
     Seperti yang kita banyak ketahui, Disney telah banyak mengeluarkan berbagai macam tokoh kartun yang semuanya hampir digemari setiap lapisan masyarakat dari berbagai macam ras, etnis, serta budaya. Oke lanjut aja ke topik awal. Apa sih PDKT itu? Orang bilang sih  pendekatan.. Yak.. tepat sekali.. itu yang mau diangkat dalam Blanded Spot kali ini.. :))
     Sebenarnya sih kenapa topiknya PDKT?, yaa karena terinspirasi dari beberapa teman dan adanya dorongan untuk menulis di senja yang ceria kali ini *lho. Faktor lainnya karena ingin flashback saat mendengarkan Zona Cinta yaitu sebuah program radio di Trax FM waktu itu, yang di bawakan oleh Radhini seorang penyiar yang kece badai.. haha.. lagi-lagi bukan promosi lho.. Lanjut ke topiknya, jadi Blanded Spot akan mengangkat 5 (lima) tokoh kartun Disney yang cukup terkenal untuk di lihat alur PDKT dalam ceritanya yaitu, Cinderella, Snow White, Aladdin, Beauty and The Beast, dan Little Mermaid.



1. Cinderella

  Cinderela adalah seorang gadis piatu. Meskipun ibunya telah tiada, Cinderella hidup bahagia bersama ayahnya. Namun, kebahagiaan Cinderella berakhir setelah ayahnya menikah lagi. Ibu dan dua Saudara tirinya kerap kali memperlakukannya sebagai pembantu ketika ayahnya pergi, penderitaan Cinderella bertambah saat ayahnya meninggal. Pada suatu hari pangeran membuat pesta untuk mencari jodohnya, tentu saja Cinderella tidak boleh datang oleh ibu tiri dan kedua saudaranya. Namun ada keajaiban dan akhirnya Cinderella mengikuti pesta tersebut. Konflik pun terjadi kemudian pangeran pun berjodoh dengan Cinderella dan tentu saja berakhir happy ending.
     Seperti yang telah kita ketahui, tokoh ini yaitu Cinderella meninggalkan sepatu kacanya saat pesta. Nah PDKT ala Cinderella ini adalah pendekatan dengan cara tarik ulur yang sejatinya dimainkan dengan memberi umpan terlebih dahulu.

2. Snow White


     Snow White adalah puteri muda yang tinggal di istana bersama ibu tirinya, Ratu Jahat. Snow White memiliki suara yang merdu. Walaupun diperlakukan buruk oleh Ratu Jahat, Snow White tetap ceria. Dia bernyanyi sambil bekerja, ditemani burung-burung merpati. Ketika sedang menimba air di sumur sambil bernyanyi, Snow White didatangi seorang Pangeran tampan. Sang Pangeran ikut bernyanyi sehingga Snow White malu. Snow White pun berlari ke dalam menara. Pangeran menyanyikan lagu cinta pada Snow White dan sejak itu, Snow White jatuh cinta pada Pangeran. Ratu Jahat tidak senang Snow White menjadi gadis tercantik. Dia mau membunuh Snow White dengan jasa seorang pemburu. Snow White dibawa ke hutan oleh pemburu. Di hutan, Snow White yang lembut bertemu seekor burung kecil yang kehilangan orangtuanya. Pemburu yang hendak membunuh Snow White tidak tega melaksanakan perintah sang ratu. Dia pun menyuruh Snow White kabur. Snow White berlari ke dalam hutan. Dia ketakutan karena di tengah hutan sangat gelap, ditambah dia masih tidak percaya Sang Ratu mau membunuhnya. Dia terjatuh dan menangis. Namun binatang-binatang hutan berdatangan dan menghiburnya. Dia dibawa para binatang ke pondok kurcaci. Kemudian ia tinggal bersama 7 kurcaci tersebut hingga akhirnya ia memakan apel buatan Ratu Jahat dan Pangeran pun menolongnya dengan menciumnya.
     Karena yang seperti kita ketahui Snow White bergaul dengan 7 kurcacinya. Nah, dalam cerita ini PDKT nya adalah dengan cara dekat dengan banyak pria, kemudian menandai satu diantaranya.

3. Aladdin

    Dahulu kala, di kota Persia, seorang Ibu tinggal dengan anak laki-lakinya yang bernama Aladdin. Suatu hari datanglah seorang laki-laki mendekati Aladdin yang sedang bermain. Kemudian laki-laki itu mengakui Aladdin sebagai keponakannya. Laki-laki itu mengajak pergi ke luar kota dengan seizin ibu Aladdin untuk membantunya. Jalan yang ditempuh sangat jauh. Aladdin mengeluh kecapaian kepada pamannya tetapi ia malah dibentak dan disuruh untuk mencari kayu bakar, kalau tidak mau Aladdin akan dibunuhnya. Aladdin akhirnya sadar bahwa laki-laki itu bukan pamannya melainkan seorang penyihir. Laki-laki penyihir itu kemudian menyalakan api dengan kayu bakar dan mulai mengucapkan mantera. “Kraak…” tiba-tiba tanah menjadi berlubang seperti gua. Kemudian Aladdin mengambil lampu ajaib dan ia kemudian menjadi kaya kemudian ia bertemu dengan putri Jasmine dan ingin menjadi suaminya. Akhirnya semua itu terwujud dengan lampu tersebut. Penyihir tak tinggal diam ia mencari cara mengambil lampu tersebut namun akhirnya lampu tersebut jatuh kembali ke Aladdin. Putri Jasmine dan Aladdin hidup bahagia di istana yang dipersembahkan oleh Aladdin untuk putri Jasmine serta mempergunakan lampu tersebut untuk membantu orang-orang miskin dan kesusahan.
     Karena Aladdin bukan “siapa-siapa” a.k.a sangat sederhana awalnya. Dalam PDKT cerita Aladdin, si cewe melihat potensi dari si cowo, maksudnya si cewe melihat sisi positif dalam diri cowo tersebut seperti sifatnya yang baik, rendah hati, dan lainnya.

4. Beauty and The Beast


     Belle adalah seorang gadis muda yang tinggal di kota kecil di Perancis bersama ayahnya yang merupakan seorang penemu bernama Maurice. Belle merasa kota kecil itu cukup membosankan. Belle lebih tertarik untuk mendapat petualangan. Dia gemar membaca buku, terutama buku dongeng romantis. Belle telah membaca semua koleksi buku di perpustakaan kota. Ketika Maurice pergi ke pameran, Belle dilamar pemburu sombong namun idaman para gadis di kota, Gaston. Belle menolak lamarannya. Tidak lama kemudian, dia menemukan kudanya, Philippe, pulang tanpa Maurice sehingga Belle mencari Maurice. Belle sampai di istana mengerikan yang ternyata milik Beast. Belle mendapati Maurice ditangkap Beast. Dengan berani Belle menukar dirinya dengan ayahnya sehingga ayahnya bebas. Awalnya Belle tidak menyukai Beast yang kasar dan pemarah. Bahkan Belle sempat kabur karena dimarahi Beast akibat sembarangan masuk ke kamar Beast. Belle diserang serigala di hutan sebelum Beast menyusul dan menolongnya. Beast terluka dan Belle kembali lagi ke istana. Hubungan Belle dengan Beast menjadi lebih baik. Mereka berteman sampai akhirnya saling mencintai. Namun Beast belum berani menyatakan cintanya pada Belle. Pada saat Beast ingin mengungkapkan perasaannya, Belle malah menyatakan dia rindu ayahnya. Lewat cermin ajaib Beast, Belle melihat Maurice sakit sehingga Belle dibebaskan Beast untuk menemui ayahnya. Kembali ke kota, Belle dipaksa Gaston menikah. Gaston cemburu karena dia tahu Belle sudah menyukai Beast. Belle dan ayahnya pun dikurung di ruang bawah tanah di rumah Belle. Gaston dan penduduk yang telah dihasut Gaston memburu Beast. Setelah Belle dan Maurice berhasil keluar dari ruang bawah tanah, mereka segera pergi ke istana Beast. Gaston telah masuk ke dalam istana Beast dan berusaha melukai Beast. Beast, jauh lebih besar dan kuat dari Gaston, hendak menghancurkan Gaston namun dia tidak melanjutkan tindakannya karena hati Beast telah menjadi lembut. Gaston dengan licik menusuk Beast dari belakang, namun malah dia sendiri jatuh dari balkon kamar Beast dan meninggal. Belle, mengira Beast telah meninggal, sangat sedih dan mengatakan, "Aku mencintaimu" pada Beast. Beastpun berubah menjadi manusia karena cinta Belle. Mereka akhirnya berdansa di istana Beast beserta pelayan Beast yang juga berubah menjadi manusia. Maurice juga datang dan banyak orang berkumpul melihat Belle dan Beast.
     Ngomong-ngomong Gaston kaya nama calonnya Jupe yaak.. wkwkwk. Nah PDKT dalam cerita ini cukup jelas, singkat dan dapat dicerna yaitu “mencintai dengan segala kekurangan”. That’s it. Mudah ditelaah dari ceritanya kan :D.

5. Little Mermaid


   Ariel adalah putri duyung berusia enam belas tahun yang sangat tertarik pada dunia manusia. Kegemarannya adalah mengoleksi barang-barang manusia dari kapal karam bersama sahabat baiknya. Ayahnya, Raja Triton, menganggap dunia manusia berbahaya karena duyung bisa ditangkap oleh kail mereka. Karena itu, dia marah saat mengetahui Ariel ke permukaan laut lagi untuk bertanya-tanya soal barang manusia pada burung camar temannya. Ariel mempunyai suara yang indah, hanya saja dia malas berlatih. Suatu saat, Ariel menyelamatkan pangeran manusia bernama Eric ketika tenggelam di laut. Dia menyanyikan lagu saat Eric pingsan sebelum kembali ke laut. Ariel jatuh cinta pada Eric. Eric juga jatuh cinta pada gadis yang menyelamatkannya dan bernyanyi itu. Ariel ingin menjadi manusia hingga akhirnya ia menukar suaranya dengan penyihir bernama Ursula. Singkat cerita suara Ariel dipakai oleh Ursula untuk mendekati Eric namun semuanya terbongkar. Ariel pun menikah dengan Eric dengan sosok manusia.
   PDKT dalam cerita ini bukan dari cara mendapatkan seseorang harus bisa bernyanyi dengan indah, tapi kita harus menjalani pendekatan tersebut dengan tulus dan kesetiaan yang tak berujung *asooyyy*.
     Demikian beberapa PDKT ala kartun Disney yang berhasil saya simak dan telaah, semoga yang membaca dapat memilih salah satunya untuk dijadikan acuan wkwkwkwk. Kira-kira dari kelima itu, mana yang cocok untuk kamu?.. Bingung yaah.. wkwkw. Kalau aku sih pilih yang Aladdin, soalnya lebih ngeliat sisi positif dari si cowo biar kita lebih sayang sama dia wkwkwk.. Sudah-sudah.. Sekarang pilih aja dulu targetnya.. targetnya aja belum ada gimana mau diterapin #eeh.


                                                                                   Oleh : Ade Komaria



Tidak ada komentar:

Posting Komentar